Buah sekaligus sayuran yang bernama Labu siam atau biasa juga sering disebut jipang adalah buah dari tanaman merambat yang masuk ke dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buah abu siam sering dikenal juga dengan sebutan labu jipang atau ipang, pada bagian buah dan pucuk mudanya juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk sayuran.


Faktanya ternyata tanaman labu siam sudah sangat banyak dibudidayakan di Indonesia, tumbuhan ini pada bagian batangnya merambat dan memiliki karakter mirip dengan tanaman gambas. Jipang juga memiliki nama latin yaitu Sechium Edule atau yang lebih dikenal dengan nama labu siam adalah salah satu jenis sayur-sayuran yang sering dikonsumsi oleh masyarakat terutama di Indonesia.


Ternyata sayuran ini juga dapat langsung dinikmati dengan cara direbus terlebih dahulu bersama kulitnya. Jipang mempunyai rasa yang enak dan manis sehingga membuat sayuran ini sangat mudah untuk diolah. Tak Cuma direbus, kebanyakan masyarakat pada umumnya sering menjadikan sayuran ini sebagai bahan untuk membuat sayur tumis labu, lalapan, sayur lodeh, lontong sayur, dan lain sebagainya karena masih banyak sekali.

 

Manfaat Jipang Bagi Kesehatan

Ilustrasi dari pixabay.com
Ketahui : Apa sajakah khasiat bunga teratai beserta akar biji dan daunnya


Banyak orang yang tidak menyangka bahwa labu siam ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sangat melimpah, contohnya seperti:

  • Mengandung banyak Vitamin
  • Kaya akan mineral, dan
  • Banyak Kandungan serat.


Kemudian pada satu buah labu siam yang memiliki berat 203 gram, mengandung nutrisi yang sangat banyak sebagai berikut:

  • Protein: 2 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Kalori: 39
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Serat: 4 gram – 14% dari Reference Daily Intake (RDI)
  • Vitamin C: 26% dari RDI
  • Cooper: 12% dari RDI
  • Zinc: 10% dari RDI
  • Kalium: 7% dari RDI
  • Magnesium: 6% dari RDI
  • Vitamin B9 (Folat): 47% dari RDI
  • Vitamin K: 10% dari RDI
  • Vitamin B6: 8% dari RDI
  • Mangan: 19% dari RDI


Bukan Cuma itu saja, ternyata labu siam atau jipang juga sangat tinggi akan folat, namun karena dengan kandungan lemak, kalori, natrium, dan karbohidrat yang terbilang cukup rendah sehingga membuat sayuran ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai asupan dalam program diet untuk kamu yang sedang melakukan program diet tapi tetap sehat secara alami.


Manfaat labu siam bagi kesehatan

Ilustrasi dari pixabay.com
Baca : Kalo Kamu Suka Makan Buah Kiwi Ketahui Segudang Manfaatnya


  • Sebagai sumber mineral bagi tubuh

Jipang atau labu siam mengantuk banyak mineral seperti zat besi, fosfor, potassium, dan mineral lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem kekebalan, juga untuk menjaga kekuatan dan kepadatan pada tulang dan gigi, dan juga berperan untuk mempertahankan kesehatan metabolism pada tubuh.


  • Menyembuhkan penyakit batu ginjal

Faktanya pada buah jipang, khususnya pada bagian daunnya ternyata dapat digunakan untuk pengobatan penyakit batu ginjal. Fakta tersebut diungkap dalam hasil sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Universitas North Florida. Selain itu juga, ternyata daun labu siam juga dapat berguna untuk menurunkan penyakit darah tinggi.


  • Menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung

Pada buah jipang mengandung sangat banyak vitamin esensial yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Seperti salah satunya yaitu kandungan vitamin C yang cukup banyak yang ada di dalam labu siam atau jipang. Kandungan tersebut bisa dijadikan sebagai anti oksidan, karena vitamin C dapat mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh serangan radikal bebas seperti salah satunya adalah penyakit jantung.


  • Dijadikan sebagai sumber antioksidan

Pada buah jipang mengandung sekitar 7,7 mg vitamin C. dan Vitamin C sendiri merupakan salah satu anti oksidan yang dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan pada sel maupun untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh supaya kita tetap sehat.


Jika kamu mengkonsumsi buah jipang setiap hari minimal 100 gram, maka kamu akan memenuhi sekitar 13 persen dari total kebutuhan vitamin C tubuh yang dianjurkan setiap harinya supaya asupan vitamin pada tubuh tetap tercukupi.


  • Menurunkan darah tinggi

Bukan Cuma kaya akan nutrisi, buah jipang mungkin juga bisa memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan. Mengutip dari Purdue University yang mengatakan bahwa teh herbal yang dibuat dengan bahan dasar daun labu siam bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, kemudian bisa melarutkan batu ginjal, dan mengobati aterosklerosis atau pengerasan yang terjadi pada pembuluh darah arteri.

Ternyata teh yang mengandung daging buah jipang memiliki sifat diuretik ringan, dan bisa digunakan untuk mengobati orang yang sedang mengalami penyakit kembung.


Baca Juga Kandungan Daun Meniran Yang Harus Diwaspadai


  • Baik untuk ibu hamil

Kamu harus tau kandungan Asam Folat yang ada pada labu siam ternyata sangat dibutuhkan bagi wanita yang sedang hamil. Karena hal ini dapat mengurangi resiko lahirnya sang bayi dalam keadaan yang cacat atau premature, buat Kamu yang sedang menjadi Ibu hamil cobalah untuk mengomsumisi buah Labu siam untuk mendapatkan manfaatnya.


Selain itu kamu juga dapat mengolahnya terlebih dahulu menjadi sayuran dan menyatapnya saat makan siang maupun makan malam bersama nasi, jika dengan rutin mengomsumsi labu siam sebanyak 100 gram setiap hari hal ini sudah dapat memenuhi kebutuhan Akan Asam Folat dalam tubuh Kamu loh.


  • Mengandung vitamin B kompleks dan folat

Buah jipang atau labu siam juga merupakan sumber yang cukup baik untuk mendapatkan vitamin B kompleks, seperti asam folat. Setiap 100 gram pada buah segar akan menyediakan sekitar 93 mg atau 23 % dari kebutuhan folat harian yang direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan setiap harinya.


Kandungan Folat sangat penting dalam pembelahan sel dan pembentukan DNA. Jika kamu mengkonsumsi labu siem dalam jumlah yang cukup sebelum atau selama awal kehamilan hal itu bisa membantu kamu mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi.


  • Mencegah terjadinya penyakit kanker

Pada labu siam terdapat kandungan antioksidan yakni seperti apigenin dan juga luteolin. Kedua jenis antioksidan ini sangatlah bermanfaat untuk melawan dan membersihkan berbagai radikal bebas penyebab terjadinya penyakit kanker yang ada di dalam tubuh kita.


  • Menurunkan resiko terkena penyakit stroke

Penelitian yang sudah dilakukan, ternyata jumlah homocysteine yang berlebihan di dalam darah akan meningkatkan resiko terkena penyakit stroke dan lebih parahnya lagi bisa terkena penyakit jantung. Pada buah labu siam ternyata dapat menjadi sumber folat yang sangat baik bagi tubuh dan bisa membantu menstabilkan homocysteine di dalam darah supaya terhindar dari risiko terkena penyakit stroke.


  • Memperlambat penuaan

Banyak penelitian yang sudah dilakukan dan menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan dapat memperlambat proses terjadinya penuaan. Salah satunya yaitu seperti penyebab penuaan sendiri yaitu karena adanya kerusakan pada sel yang diakibatkan oleh radikal bebas.


Buah jipang atau labu siam juga memiliki kandungan antioksidan yang salah satunya adalah vitamin C. kandungan Vitamin ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi kolagen, dan salah satu protein utama untuk menjaga kekencangan dan kesehatan kulit agar tetap terlihat lebih awet muda.


  • Menjaga fungsionalitas hati

Tidak Cuma membuat awet muda, Manfaat buah jipang atau labu siam lainnya yaitu untuk menjaga fungsi jaringan yang ada pada hati karena diakibatkan oleh lemak yang berlebih. Selain itu juga, ekstrak labu siam juga dinilai dapat membantu melindungi organ hati dari terjadinya penumpukan lemak. Karena terlalu banyak lemak di hati tentunya akan mempengaruhi kemampuannya terutama fungsi hati itu sendiri.


  • Menjaga stabilitas berat badan

Tidak heran lagi karena salah satu kandungan pada labu siam adalah tinngginya serat. Kandungan ini sangat baik tertama berfungsi untuk memperlambat proses pencernaan pada lambung, sehingga pada tubuh kamu akan terasa kenyang lebih lama. Kemudian  kamu akan lebih mudah untuk mengontrol dan menurunkan berat badan saat melakukan program diet.


  • Mendukung kesehatan pada system pencernaan

Selain kamu harus rutin mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, buah labu siam juga dapat membantu kamu dalam meningkatkan fungsi pencernaan. Kandungan flavonoid, merupakan salah satu senyawa yang terkandung pada labu siam dan berfungsi untuk memperlancar pada proses pencernaan.


  • Sebagai sumber stamina bagi tubuh

Buah jipang atau labu siam juga dikenal banyak mengandung potassium yang merupakan salah satu jenis elektrolit yang sangat beguna sebagai sumber stamina pada tubuh kita. Karena kandungan potassium yang ada di dalam labu siam ini sebanyak 125 mg per 100 gram daging labu siam.


  • Mencegah penyakit anemia

Jika kekurangan vitamin B2 dan zat besi bisa menyebabkan seseorang mengalami kekurangan darah merah atau penyakit anemia. Pada buah labu siam juga mengandung dua unsur tersebut yang mampu merangsang dan meningkatkan produksi sel darah merah dan hemoglobin di dalam tubuh kita, dengan hal tersebut maka dapat mencegah terjadinya penyakit anemia.


  • Menjaga kadar koleseterol pada tubuh

Buah jipang sama halnya dengan jenis buah labu lainnya yaitu salah satu sayuran yang mengandung kalori yang bisa dibilang sangat rendah. Pada buah jipang hanya menyediakan kalori per 100 gramnya, pada buah jipang tidak mengandung kolestrol atau lemak jenuh.


Sayuran ini juga sangat kaya akan serat makanan, zat antioksidan, kandungan mineral, dan vitamin. Buah jipang memjadi makanan yang rendah kalori, dan sayuran yang kaya akan serat seringkali direkomendasikan oleh para ahli untuk kamu yang sedang menjaga kadar kolesterol dan menurunkan berat badan yang sedang melakukan program diet.


Efek samping mengkonsumsi labu siam

Ilustrasi dari pixabay.com
Ayo Ketahui : Khasiat Wedang Uwuh Untuk Kesehatan


Sebenarnya buah labu siam tidak memiliki efek samping yang serius atau berbahaya. Namun bagi sebagian orang yang memiliki kulit sensitif, cairan atau getah pada labu siam bisa menimbulkan rasa gatal-gatal jika mengenai kulit. Saran dari bang joko saat mengupas kulitnya usahakan kamu memakai hand glow atau pelindung tangan supata tidak terkena getahnya saat mengupas.


Perlu diperhatikan terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif berhati-hatilah saat mau mengolah buah labu siam, pakai hand glow (sarung tangan plastic) saat mengupasnya supaya jangan sampai getahnya bersentuhan langsung dengan kulit kamu. Jika terkena kulit memang rasa sedikit gatal akibat bersentuhan dengan getah labu siam, tetapi hal ini tidaklah berbahaya karena setelah cuci tangan gatal tersebut akan hilang dengan sendirinya, tapi tetaplah berhati-hati karena hal tersebut bisa menimbulkan rasa tidak nyaman.


Cara Memasak Labu Siam Yang Benar

Untuk Di Indonesia, buah jipang atau labu siam memang sudah kerap diolah menjadi hidangan, bisa dibuat sebagai sayur maupun tumisan. Selain itu, labu siam juga bisa dimakan secara langsung sebagai lalapan. Berikut ini beberapa cara memasak labu siam yang akan bang joko jelaskan.


  • Yang pertama yaitu ditumis

Sebenarnya agak sedikit berbeda dengan memasak sayur, proses memasak dengan cara menumis tak membutuhkan air yang banyak. kamu juga bisa mengolah labu siam dengan cara menumisnya, tetapi sebelum ditumis usahakan kamu sudah menguleni labu siam setelah diiris seperti wortel, proses ini yaitu untuk mengurangi kadar air yang cukup banyak pada labu siam.


  • Direbus

Labu siam juga kerap disajikan sebagai lalapan sebagai pelengkap hidangan utama. Tetapi, buat kamu yang kurang suka memakannya secara mentah, kamu juga bisa merebusnya terlebih dahulu sebelum dibuat lalapan. Perlu kamu ketahui bahwa buah labu siam setelah direbus sangat baik untuk kamu yang sedang menjalankan program diet.


  • Memasaknya menjadi sayur

Sebenarnya ada banyak sekali varian sayur yang bisa kamu buat dari buah labu siam. Terutama untuk kamu yang sangat suka dengan rasa gurih bercampur santan, kamu bisa membuat sayur labu siam dengan cara menambahan santan dan dimakan dengan tambahan sedikit nasi yang masih hangat.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama