Untuk menunjang kesehatan badan mengonsumsi buah-buahan sebagai asupan sehari-hari sangatlah disarankan, tidak terkecuali buah kiwi yang mempunyai nama latin Actinidia deliciosa. Perlu diketahui bahwa buah kiwi berasal dari Negara Cina utara kemudian pada abad ke 20 buah kiwi mulai dibudidayakan di Selandia Baru.


Buah kiwi memiliki bentuk menyerupai telur ayam, dengan kulit agak kusam dam mempunyai warna yang khas yaitu berwarna cokelat keabu-abuan, buah kiwi juga mempunya bulu-bulu yang sangat halus dan mengerubungi permukaan kulit luarnya. Buah kiwi sudah ditetapkan sebagai buah nasional di Negara Selandia Baru dan sekarang buahnya sudah banyak dijual di Indonesia.


Buah kiwi mempunyai rasa yang sangat lezat, enak dan menyegarkan. Karena kelezatanya buah Kiwi juga sering dijadikan sebagai topping pada makanan, salad buah, hingga dibuat jus. Untuk bagian kulit buah kiwi memiliki ciri khas yaitu berwarna kecoklatan menyerupai buah sawo. Kemudian untuk dagingnya memiliki warna hijau segar saat dibelah menjadi dua.


Selain mempunyai rasa yang sangat lezat dan menyegarkan, faktanya buah kiwi ternyata memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan badan dan bisa dipakai untuk merawat kulit supaya tetap halus dan cantik. Tidah heran jika manfaat pada buah kiwi sudah tak perlu diragukan lagi. Bahkan, sekarang sudah banyak orang membuat produk kecantikan menggunakan buah yang satu ini menjadi bahan campurannya.

Ilustrasi dari pixabay.com
 


Buah kiwi juga mengandung banyak nutrisi seperti :

  • vitamin C
  • vitamin K
  • vitamin E
  • folat, dan
  • potasium.

Buah satu ini juga memiliki kandungan antioksidan dan sumber serat yang sangat tinggi.

 

Penelitian yang dilakukan oleh United States Department of Agriculture (USDA) menemukan dalam 100 gram kiwi mengandung :

  • 61 kalori
  • 14,66 gram karbohidrat
  • 1,14 gram protein
  • 0,52 gram lemak, dan
  • 3 gram serat.


Buah kiwi juga memiliki biji kecil-kecil yang berwarna hitam dan bijinya bisa dimakan jadi kamu tidak perlu khawatir. Selain itu, kulit pada buah kiwi juga bisa dimakan dan sangat baik untuk kesehatan, tetapi faktanya masih banyak orang yang lebih suka mengupas kulitnya terlebih dahulu termasuk mimin hehee.


Walaupun sudah sangat banyak olahan produk yang berbahan dasar buah kiwi, saran dari bang joko sebaiknya Kamu kalo membuat jus kiwi usahakan membuat jus yang alami tanpa campuran bahan kimia apapun supaya khasiatnya lebih maksimal. Lalu apa saja manfaatnya jika kita rajin mengkonsumsi buah kiwi setiap hari?

 

Berikut ini adalah segudang manfaat dari buah kiwi yang sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

 

Kamu Harus Tahu Fakta Penting Buah Kiwi

Ilustrasi dari pixabay.com

 

  • Buah kiwi memiliki biji kecil-kecil yang berwarna hitam dan bijinya bisa ikut dimakan.
  • Buah kiwi sebelumnya dinamakan Gosberi Cina, kemudian pada tahun 1950 nama tersebut berubah menjadi Melonette, lalu diganti lagi dengan nama Kiwi sampai sekarang.
  • Nama Kiwi dulunya berasal atau diambil dari nama seekor burung yang tidak bisa terbang di New Zeland.


Faktanya buah kiwi memiliki 60 jenis species sangat banyak sekali bukan, diantaranya yaitu:

  • baby kiwifruit
  • buah kiwi ungu
  • arctic kiwi
  • buah kiwi merah
  • golden kiwi fruit, dan lain lain.

 

Fakta lainya tentang buah kiwi

  • Perlu kamu ketahui bahwa setiap jenis buah kiwi selalu memiliki ukuran, warna, tekstur, serta rasa yang berbeda-beda.
  • Buah kiwi untuk saat ini lebih banyak di produksi di negara seperti Perancis, China, New Zealand, Amerika Serikat, Jepang, Chili, dan Negara Italia.
  • Kemudian kandungan vitamin C pada buah kiwi memiliki dua kali lipat lebih banyak dari buah jeruk.
  • Kandungan vitamin E pada buah kiwi yaitu lima kali lipat lebih banyak dibandingan dengan buah apel.
  • Serat yang terkandung dalam buah kiwi yaitu 66% lebih tinggi dibandingankan dengan buah papaya.
  • Buah Kiwi juga memiliki rasa yang sangat manis, tetapi rendah akan kandungan kalori.

 

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

 

Buat kamu yang baru tau atau pertama kalinya mau makan buah kiwi tidak perlu khawatir karena dapat dikonsumsi secara langsung ataupun mau diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman seperti jus kiwi misalnya.

 

Rasanya yang sangat lezat dan segar membuat buah kiwi dapat dengan mudah dipadukan dengan berbagai aneka santapan sehat lainya sebagai pelengkap atau pendukung, misalnya bisa juga dijadikan bagian dari salad buah, atau dibuat campuran yoghurt, bisa juga dibuat sebagai pemanis es krim, atau dibuat menjadi smoothies, campuran pada kue, dibuat minuman jus, hingga dibuat puding.

 

Kemudian untuk manfaat pada buah kiwi bagi kesehatan tubuh adalah sebagai sumber nutrisi yang sangat kaya akan kandungan vitamin A, vitamin E, vitamin C , vitamin K, kalium, folat, asam amino, dan kandungan kalsium.


Selain itu juga, ternyata buah kiwi juga mengandung sangat banyak antioksidan dan bisa dijadikan sebagai sumber serat. Karena kandungan nutrisinya yang beragam, maka buah kiwi sangat baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk untuk ibu hamil juga sangat baik mengkonsumsi buah ini.

 

Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk mengungkap manfaat pada buah kiwi bagi kesehatan, di antaranya akan bang joko jelaskan sebagai berikut:


  • Menurunkan tekanan darah

Kandungan yang ada dalam buah kiwi juga dapat menurunkan tekanan darah. Ini artinya, buah kiwi dapat membantu untuk mencegah risiko terkena penyakit yang muncul akibat mengalami tekanan darah tinggi, contohnya seperti serangan jantung dan stroke.


Selain itu juga, ternyata kandungan antioksidan yang sangat tinggi juga dapat mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh kerusakan DNA, contohnya seperti penyakit kanker dan penyakit jantung.

 

  • Meningkatkan kualitas saat tidur
Selain mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, buah kiwi juga mengandung serotonin. Kandungan serotonin akan berperan untuk membuat kamu bisa tidur dengan nyenyak. Kandungan serotonin juga sangat bemanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan fungsi kardiovaskular. Jika kamu kekurangan hormon ini biasanya kamu akan sering dikaitkan dengan terjadinya depresi atau gangguan mood.

 

  • Bisa meredakan penyakit asma
Perlu kamu ketahui bahwa kandungan antioksidan dan vitamin C yang sangat tinggi pada buah kiwi dapat meredakan gejala penyakit asma. Sudah banyak penelitian yang menunjukan bahwa pada buah kiwi, terdapat perbaikan kondisi paru-paru pada orang yang mengonsumsi buah secara teratur setiap hari, termasuk di antaranya adalah mengkonsumsi buah kiwi.


Jika kamu rutin mengonsumsi buah kiwi yang segar juga dapat mengurangi terjadinya sesak napas pada penderita penyakit asma.

 

  • Menjaga kesehatan mata
Manfaat pada buah kiwi lainnya yaitu bisa melindungi mata dan mencegah terjadinya kebutaan. Hal ini berkat adanya kandungan lutein dan zeaxanthin yang ada dalam buah kiwi.

 

  • Menjaga kesehatan system pencernaan
Penelitian juga menunjukkan bahwa buah kiwi ternyata dapat bertindak sebagai prebiotik, yaitu dengan cara meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang berada di dalam usus (lactobacilli dan bifidobacteria).


Kandungan serat dan prebiotik pada buah kiwi juga sangat baik untuk memelihara kesehatan pada sistem pencernaan, bisa mencegah konstipasi dan irritable bowel syndrome (IBS). Namun, efektivitas prebiotik ini juga bergantung pada kondisi pencernaan setiap individu karena setiap individu pasti berbeda, dan hanya akan berlangsung selama 24 jam kemudian cuma bisa bertahan selama kamu mengonsumsi buah kiwi.

 

  • Meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh
Jika kamu rutin mengkonsumsi buah kimi minimal 180 gram kiwi telah mencukupi kebutuhan vitamin C dalam sehari. Vitamin C sangatlah penting karena merupakan unsur yang penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan berbagai penyakit, salah satunya flu dan batuk.

 

  • Mengurangi risiko terjadinya pembekuan darah
Banyak penelitian yang sudah dilakukan, jika kamu rutin mengkonsumsi dua hingga tiga buah kiwi sehari dapat menurunkan risiko pembekuan darah dan penurunan jumlah lemak dalam darah.


Bekuan pada darah berkaitan dengan berbagai penyakit dan kondisi serius yang bisa mengancam jiwa, contohnya seperti penyakit stroke, penyakit jantung, dan penyakit emboli paru.


Di balik manfaat buah kiwi yang sangat luar biasa, ternyata buah ini juga dapat memicu reaksi alergi pada sebagian orang. Reaksi alergi yang muncul bisa berupa bagian bibir bengkak, gatal-gatal pada kulit dan tenggorokan, merasa mual serta bisa sampai muntah. Sangat disarankan untuk selalu mewaspadai gejala alergi saat memberikan kiwi terutama pada anak-anak untuk pertama kalinya.

 

Efek Samping Buah Kiwi

Ilustrasi dari pixabay.com

 

  • Menyebabkan Radang Mulut
  1. Mengkonsumsi buah kiwi bagi orang yang memiliki mulut atau lidah yang sangat sensitive dapat menyebabkan terjadinya radang mulut.
  2. Radang mulut atau yang sering disebut dengan sindrom alergi oral (Pollen food allergy syndrome) disebabkan oleh adanya reaksi tubuh akibat allergi pada protein tertentu.
  3. Kondisi radang mulut bisa menjadi sangat berbahaya dan parah hingga pembengkakan dan menyebabkan sakit pada tenggorokan yang disertai demam.
  4. Pada orang pendertita alergi Birch Pollen dan latex rubber sebagian besar akan bereaksi ketika mereka mengkonsumsi buah kiwi.
  5. Oleh karena itu sangat disarankan sekali untuk tidak mengkonsumsi buah kiwi atau mengkonsumsi setelah diolah.

 

  • Menyebabkan Diare

Diare yaitu merupakan suatu penyakit atau gangguan pada saluran system pencernaan yang bisa menyebabkan terjadinya seseorang sering buang air besar dengan tinja yang encer atau lebih banyak mengandung cairan.


Kemudian penyebab terjadinya diare juga dapat disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman jenis tertentu, salah satunya adalah mengkonsumsi buah kiwi dalam jumlah yang sangat banyak. Hal ini disebabkan karena buah kiwi memiliki kandungan serat yang sangat tinggi.


Serat juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan terutama pada saluran pencernaan yang mana dapat melancarkan system pencernaan. Akan tetapi pada beberapa kasus yang sering terjadi, kandungan serat yang terdapat pada buah kiwi juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit diare akibat dari porsi yang berlebihan saat mengkonsumsinya.

 

  • Menyebabkan Alergi

Faktanya Buah kiwi ternyata memiliki kandungan enzim yang dapat menyebabkan terjadinya alergi. Kandungan IgE yaitu merupakan penyebab terjadinya alergi, ditambah lagi dengan birch dan pollinosis pada buah kiwi. Jika kamu mengkonsumsi buah kiwi yang organic dapat menjadi alternative untuk mengatasi masalah alergi.


Tanda-tanda jika terjadi alergi akibat buah kiwi yaitu kamu akan merasakan gejala seperti  muntah-muntah, merasa mual, timbulnya bitnik atau bentol pada bagian tubuh tertentu, adanya sakit pada perut atau panas di bagian dada setelah mengkonsumsi buah kiwi.


Apabila tubuh kamu menunjukan reaksi tersebut, maka sebaiknya berhenti mengkonsumsi buah kiwi dan kunjungi klinik terdekat untuk berkonsultasi langsung dengan dokter.

 

Baca ; Kandungan dan Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh


Tips Penyimpanan Buah Kiwi

Dalam bentuk buah tergantung dari tingkat kematanganya

  1. Ketika kamu menyimpan buah kiwi maka tergantung bagaimana tingkat kematangan buah tersebut. Untuk mengetahui berapa tingkat kematangan buah kiwi bisa dilihat dari tekstur buahnya dengan cara menekan buah kiwi menggunakan jari.
  2. Apabila tekstur buah kiwi sudah setengah lembut maka sangat pas untuk di nikmati dan dapat disimpan pada suhu ruangan dalam jangka waktu beberapa hari kedepan.
  3. Apabila buah kiwi memiliki tekstur yang jauh lebih lembut maka sangat disarankan untuk segera dikonsumsi karena buah sudah tidak dapat disimpan lebih lama untuk menghindari terjadinya kebusukan.
  4. Pada buah kiwi yang teksturnya masih keras menunjukan bahwa masih buah tersebut mentah. Buah kiwi yang masih mentah dapat disimpan pada tempat yang sama dengan buah lainnya hingga tekstur dan dagingnya jauh lebih lembut. Setelah itu, buah kiwi dapat disimpan di lemari pendingin.

 

Dalam Bentuk Olahan

Ketika kamu ingin menyimpan buah kiwi dalam jangka waktu yang lama juga dapat dilakukan setelah buah kiwi diolah menjadi produk makanan. Salah satu contoh produk makanan dari buah kiwi yang dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama adalah selai buah kiwi.

 

Tips Mengkonsumsi Buah Kiwi

 

  • Konsumsi Secara Langsung

  1. Disaat mengkonsumsi buah kiwi kurang lebih sama dengan buah lainnya yang mana dapat dikonsumsi secara langsung.
  2. Buah kiwi yang dapat dikonsumsi secara langsung adalah buah kiwi yang telah matang atau setengah matang yang ditantai dengan memiliki tekstur yang empuk.
  3. Buah kiwi yang sudah setengah matang memiliki tekstur yang tidak terlalu lembut, sedangkan buah kiwi yang telah matang memiliki tekstur yang sangat lembut.
  4. Ketika kamu mengkonsumsi buah kiwi secara langsung, sebaiknya di bersihkan terlebih dahulu dan dikupas kulitnya supaya tidak ada kotoran yang ikut termakan.

 

  • Salad Buah Kiwi

Buah kiwi juga dapat dijadikan pilihan untuk membuat salad buah.

Caranya sangat mudah kurang lebih sama dengan mengkonsumsi langsung buah kiwi yaitu dibersihkan dan dipotong kecil-kecil. Kemudian tambahkan beberapa jenis buah lainnya sebagai pelengkap dan baluri dengan mayoneisse, aduk dan hidangkan. Jangan lupa tambahan keju parut untuk menambah cita rasa pada salad.

 

  • Jus Buah Kiwi

Membuat jus buah kiwi sudah pasti membutuhkan buah kiwi sebagai bahan baku utamanya, kemudian gula / madu / susu kental manis, es batu, dan air.


Caranya sangatlah mudah dengan cara menghaluskan semua bahan diatas menggunakan blender. Kemudian sajikan dengan menggunakan gelas dan jus buah kiwi siap dinikmati..

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama