Wedang Secang adalah minuman khas yang berasal dari Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Wedang Secang dapat disajikan baik panas maupun dingin. Masyarakat mempercayai meminum wedang secang berguna untuk meningkatkan stamina tubuh. (info Wikipedia)

 

Menjadi Ramuan Favorit Pada Zaman Majapahit

Sejak abad ke-17 kayu secang sudah masuk kedalam komoditas rempah-rempah yang sangat populer dan banyak dicari oleh orang.


Pada waktu itu kayu yang memiliki warna kemerahan tersebut juga banyak digunakan sebagai zat pewarna alami dan obat tradisional. Bahkan, konon katanya wedang secang juga menjadi minuman para raja-raja di keraton Yogyakarta dan juga Kerajaan Majapahit.


wedang yang memiliki ciri khas warna merah ini sudah bisa dinikmati oleh semua orang. Selain kamu bisa membelinya, minuman wedang secang ini juga bisa dibuat sendiri karena proses pembuatannya yang tidak terlalu sulit, untuk cara membuatnya nanti akan kami berikan langkah demi langkahnya.

 

Wedang secang (pixabay.com)


Manfaat Kayu Secang

1. Mengandung Antikonvulsan

Manfaat kayu secang dapat digunakan sebagai antikonvulsan alami. Antikonvulsan secara medis yaitu berarti jenis obat-obatan yang dapat membantu menormalkan kembali stabilitas rangsangan sel saraf agar tidak mengalami kejang-kejang.


Selain itu juga, antikonvulsan juga memiliki fungsi untuk meredakan rasa nyeri karena gangguan pada syaraf (neuropati) serta bisa juga mengobati penyakit bipolar.


Khasiat kayu secang yang besar inilah yang sekarang membuatnya sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita penyakit epilepsi.


2. Bisa Mengobati Diabetes

Kayu secang juga memiliki kandungan senyawa brazilin yang dapat menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, kayu secang juga banyak mengandung senyawa penting lainnya seperti brazilin, kaesalpin P, sappankalkon, dan protosappanin A.


Senyawa-senyawa penting tersebut sangat berguna untuk menghambat produksi enzim aldosa reduktase.


Enzim tersebut adalah penyebab terjadinya komplikasi penyakit diabetes.


Itulah kenapa manfaat kayu secang ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.


3. Bahan Minuman Tradisional

Manfaat kayu secang lainnya juga sering dijadikan sebagai minuman tradisional. Besarnya khasiat yang dikandung setiap potong kayu secang bahkan telah menjadi minuman favorit orang-orang kerajaan sejak zaman dahulu kala.


4. Kaya Akan Flavonoid

Flavonoid adalah zat yang ditemukan pada banyak tumbuh-tumbuhan, termasuk juga dalam kayu secang.


Zat ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh misalnya untuk meningkatkan asupan vitamin C, antibiotik alami, serta penangkal radikal bebas.


Adanya kandungan flavonoid yang tinggi juga membuat semakin meningkatkan manfaat kayu secang untuk kesehatan dan daya tahan tubuh.


5. Mengobati Diare, Mual, dan Muntah

Khasiat kayu secang yaitu dapat digunakan sebagai obat untuk mual, diare, dan juga muntah.


Bahkan, menurut sejumlah penelitian, kayu secang juga ampuh membasmi bakteri Eschericia coli penyebab diare dan penyakit pencernaan lainnya.


Dengan mengonsumsi kayu secang, bakteri-bakteri penyebab gangguan pencernaan pun bisa segera sirna.


6. Bersifat Antimikroba

Kayu secang juga bersifat antimikroba yaitu salah satunya karena adanya kandungan metanol yang berfungsi menghambat bakteri Staphylococcus aureus.


Bakteri tersebut diketahui bisa menimbulkan infeksi pada kulit, keracunan makanan, hingga infeksi persendian.


Salah satu cara termudah untuk mengonsumsi kayu secang jika ingin mendapatkan khasiat ini adalah dengan cara meminum air rebusan kayu secang.


7. Sebagai Antialergi Alami

Khasiat lainya pada kayu secang yaitu dapat dimanfaatkan sebagai bahan antialergi yang sangat efektif.


Kelebihan ini merupakan hasil dari senyawa kalkon yang juga terkandung dalam kayu secang.


Menurut beberapa studi yang telah dilakukan, jika kita mengkonsumsi air rebusan secang secara rutin terbukti dapat melemahkan hingga menghilangkan efek alergi apapun yang dirasakan tubuh.


8. Kaya Akan Antioksidan

Ternyata, tanaman yang selama ini dikenal memiliki kandungan antioksidan sangat tinggi adalah teh, kan?


Sayangnya, jika mengkonsumsi teh secara berlebih memiliki risiko dampak buruk yang tak baik bagi kesehatan tubuh, yaitu bisa menyebabkan kecanduan layaknya kecanduan kafein.


Untuk itu, bila kamu ingin mencari minuman dengan kandungan antioksidan yang tinggi selain teh, Anda bisa mencoba mengkonsumsi kayu secang(wedang secang).


9. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Imunitas tubuh merupakan salah satu elemen yang sangat penting yang harus dirawat karena berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai bakteri dan penyakit yang menyerang tubuh kita.


Kamu bisa memperkuat imunitas pada tubuh dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi air rebusan kayu secang.


Hal tersebut karena pada kayu secang diketahui mengandung senyawa fenolik dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan tinggi.


Kandungan tersebutlah yang dapat meningkatkan imunitas pada tubuh dan menghindarkan tubuh dari kerusakan sel-sel tubuh secara oksidatif.

 

Wedang secang (pixabay.com)


Cara Mengolah Kayu Secang

Setelah kamu membaca dan mengetahui betapa besarnya khasiat kayu secang untuk kesehatan, mungkin kamu mulai penasaran bagaimana cara mengolahnya bukan?


Tenang saja, disini kami juga akan memberikan cara bagaimana mengolah kayu secang untuk kesehatan sangat mudah.

 

Mengolah Kayu Secang Untuk Kesehatan

 

1. Manfaat Kayu Secang untuk Campuran Minuman

Selain Kunyit, jahe dan kayu manis, kayu secang juga sering sekali dijadikan sebagai campuran untuk berbagai jenis minuman tradisional.


Cara ini dinilai sebagai cara paling mudah dan efektif mengolah kayu secang untuk kesehatan yang paling mudah sekaligus tak merepotkan.


Karena cukup dengan mencampurkan potongan-potongan kecil kayu secang ke dalam minuman ringan seperti wedang secang, wedang uwuh, hingga bandrek.

 

2. Dijadikan Sebagai Olahan Obat

Kedua, cara mengolah kayu secang untuk kesehatan bisa juga dalam bentuk  mentahan dan dijadikan sebagai obat.


Sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa manfaat pohon atau kayu secang sangatah tinggi karena mengandung berbagai kandungan positif yang sangat melimpah.


cara mengolah kayu secang yang paling mudah yaitu dengan merebus potongan kayu secang sebanyak 3-10 gram dalam air panas/mendidih.


Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi racikan obat yang dibuat dari bubuk kayu secang kering.

 

Cara Membuat Wedang Secang

Bahan-bahan :

  • 7 serut kayu secang
  • 2 ruas jahe
  • 1 serai
  • 1 gula aren
  • 1 batang kayu manis
  • 2 buah cengkeh
  • 4 gelas air
  • Es batu secukupnya

Cara membuat :

  • Geprek jahe yang sudah dipanggang tapi jangan sampai hancur
  • Masukkan semua bahan ke dalam panci
  • Masak menggunakan api sedang hingga mendidih dan air berubah warna menjadi kemerahan dan wedang secang sudah siap untuk disajikan.


Tips untuk menyajikan wedang secang :

Jika wedang secang ingin diminum dalam kondisi hangat, setelanh di masak, secang sudah bisa disajikan.


Jika kamu ingin minum dalam kondisi dingin, secang harus didinginkan terlebih dahulu dengan menyimpanya didalam kulkas atau memakai es batu sesuai selera dan kebutuhan.

 

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama