HALO FAKTA - Ternyata selain untuk bahan baku pembuatan minuman dikala berbuka puasa dibulan Ramadan, buah blewah ternyata memiliki nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita loh. Buah yang dagingnya memiliki cri khas berwarna oranye dan dengan bentuk luar yang mirip labu ini, mempunyai nama latin yaitu cucumis melo var cantalupensis


Buah blewah sangat mudah didapatkan khususnya di pasar tradisional dan juga di negara-negara yang beriklim tropis atau mempunyai dua musim (panas dan penghujan), contohnya seperti di negara Indonesia dan Malaysia.  Buah blewah atau biasa juga disebut cantaloupe, mempunyai beragam nutrisi, gizi, serta digadang-gadang sangat baik bagi mereka yang sedang menjalankan diet dan megkonsumsi makanan yang rendah kalori.


Beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung pada buah blewah antara lain: 

sebagai sumber serat, zat antioksidan, zat beta karoten, potasium, magnesium, sumber vitamin A, vitamin B dan sumber vitamin C yang sangat baik untuk menjaga kekebalan pada tubuh.


Berikut ini merupakan manfaat pada buah blewah yang baik untuk kesehatan tubuh:

1. Bisa menurunkan berat badan

Bagi kalian yang sedang atau ingin menurunkan berat badan, memasukkan buah blewah ke dalam daftar menu dietmu sangat disarankan. Karena buah blewah mengandung serat yang cukup tinggi sehingga orang yang mengkonsumsi buah blewah dapat merasa kenyang lebih lama.


2. Meningkatkan kesehatan pada ginjal

Kandungan vitamin C dan air pada buah blewah bisa membantu mengelola kesehatan dan fungsi ginjal. Buah ini juga dapat membantu dalam mengeluarkan racun dan batu ginjal. Dengan mengonsumsi buah blewah secara teratur dan ter-ukur juga bisa membantu mencegah timbulnya radang sendi.


3. Menurunkan kolesterol pada darah

Mengonsumsi buah blewah juga mampu menurunkan kolesterol dalam darah. Itu disebabkan karena buah blewah mengandung vitamin C yang sangat tinggi, yakni sekitar 36,7 miligram atau setara dengan 61 persen kebutuhan vitamin C harian yang ditubuhkan tubuh.


kalau kamu rajin mengonsumsi buah blewah ini saat buka puasa, maka kesehatan kardiovaskuler akan lebih terjaga.Selain itu juga, vitamin C pada buah blewah ini juga sangat bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah dan dapat membuat dinding kapiler menjadi lebih kuat.


4. Sebagai penangkal insomnia

Buat kamu yang sering merasa sulit saat mau tidur, cobalah untuk mengonsumsi buah blewah secara rutin setiap harinya. Buah blewah memiliki sifat sedatif yang berguna bagi penderita insomnia.


Kandungan ini sangat baik untuk membuatmu kamu supaya bisa tidur pulas usai mengonsumsi buah manis nan menggoda ini.


5. Menjaga Kesehatan Mata kita

Kandungan vitamin A yang cukup banyak pada buah blewah ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kedua matamu. Buah ini juga mampu memenuhi 68 persen kebutuhan vitamin A harianmu.


Selain itu, vitamin A juga sangat berguna untuk mencegah efek radikal bebas akibat polusi udara yang kamu hirup saat beraktivitas di perkotaan terutama saat berjalan di pinggir jalan raya yang banyak nerlalu-lalang kendaraan bermotor..


6. Mencegah penyakit kanker

Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah blewah sangat bermanfaat sekali bagi bagi tubuh. Karotenoid bermanfaat dalam mencegah timbulnya kanker dan juga dalam menurunkan risiko kanker paru-paru.


Mengonsumsi buah ini secara teratur setiap harinya bisa membantu dalam mencegah dan membunuh sel-sel kanker.


7. Melancarkan sistem pencernaan

Buah blewah merupakan salah satu buah yang dapat mencegah dehidrasi pada tubuh karena kandungan airnya yang sangat melimpah. Blewah sangat baik untuk pencernaan, karena bermanfaat sekali untuk mendetoksifikasi tubuh, membuang racun, dan bisa membantu usus mencerna makanan dengan baik.


Selain itu juga, pada buah blewah ini juga bisa membantu zat karbohidrat yang sulit dicerna, yang bisa memicu gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS) dan gangguan pencernaan lainnya.


8. Meredakan setres dan kecemasan

Pada buah blewah juga terdapat kalium dan salah satu nutrisi penting bagi tubuh, dan telah terhubung menjadi vasodilator, yang berarti bisa melemaskan saluran pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah.


Peningkatan kadar tekanan pada darah dapat bertindak sebagai stressor pada tubuh dan bahkan bisa memicu pelepasan hormon stres seperti kortisol. Kalium juga bisa meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, yang bisa  menginduksi memberi sensasi/rasa  menenangkan dan sikap yang lebih rileks.


9. Baik untuk kesehatan kulit 

Buah yang memiliki ciri khas berwarna oranye merupakan sumber karotenoid (pigmen organik tumbuhan) tinggi yang bisa mengurangi risiko terkena kanker kulit. 


Karotenoid juga sangat berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan kerusakan yang terkait dengan sengatan matahari. Pigmen karotenoid juga bisa mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit termasuk garis-garis halus, perubahan warna, dan keriput pada wajah/kulit.


Jadi dengan makan buah blewah secara rutin setiap harinya, dapat menjadikan wajah dan kulit tetap awet muda. 


10. Rendah kalori dan baik untuk asupan diet 

Pada 100 gram buah blewah, nyatanya hanya mengandung 60 kalori. Sedangkan kandungan air dan nutrisi pada buah blewah sangat bagus untuk menurunkan berat badan. Jika kita ingin melakukan diet rendah kalori, buah blewah bisa menjadi pilihan yang sangat tepat mengingat kalorinya yang rendah namun manfaat kesehatannya sangat tinggi bagi tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama